Pet Care

Glukosamin untuk Anjing: Manfaat dan Cara Penggunaannya

Glukosamin Untuk Anjing. Apakah Anda memiliki anjing yang ceria dan suka bermain, berlari, bahkan melompat? Kegiatan-kegiatan ini selalu dilakukannya saat berada di dekat Anda, menunjukkan kegembiraan dan kebahagiaannya.

Tentu saja, Anda sudah merawatnya dengan baik, memberikan pakan yang tepat, menciptakan lingkungan yang nyaman dan bebas stres, serta memberikan waktu luang untuk bermain bersama dan berolahraga. Anda bahkan memberikan suplemen vitamin atau mineral untuk anjing Anda.

Suplemen ini sangat penting, terutama jika anjing Anda aktif dan responsif. Mungkin Anda sudah memberikan suplemen ini sejak anjing Anda masih remaja, tapi apakah Anda masih memberikannya saat anjing Anda menua? Apakah suplemen yang Anda berikan sesuai dengan usianya?

Namun, seiring berjalannya waktu, teman empat kaki Anda mulai menua. Aktivitasnya tidak semaju dulu, bahkan dalam beberapa kasus, mereka mengalami masalah pada persendian. Kaki mereka mulai lemah dan bahkan kaku. Jika suplemen yang Anda berikan tidak memenuhi kebutuhan tulang mereka, anjing Anda akan mengalami masalah pada tulangnya.

Salah satu suplemen yang dapat Anda berikan untuk menjaga kesehatan tulangnya adalah glukosamin. Pemberian glukosamin diyakini dapat mengurangi rasa sakit pada sendi yang dialami oleh anjing Anda.

Untuk mencegah masalah sendi atau arthritis ini terjadi, berikut ini adalah sedikit informasi mengenai penggunaan glukosamin pada anjing.

Apa Itu Glukosamin dan Chondroitin untuk Anjing?

Glukosamin adalah senyawa alami yang ditemukan dalam tulang rawan, cangkang kerang, atau dapat juga dibuat dari bahan nabati. Glukosamin termasuk dalam kategori nutraceuticals atau obat anti-inflamasi yang berfungsi untuk mengobati radang sendi pada manusia, kuda, dan anjing.

Chondroitin adalah suplemen yang berperan dalam memperbaiki tulang rawan di dalam sendi. Biasanya, chondroitin dibuat dari tulang rawan sapi, babi, atau sumber nabati. Selain itu, chondroitin juga berfungsi sebagai penghambat enzim yang merusak cairan sendi atau tulang rawan, mengurangi pembekuan pada pembuluh darah kecil, merangsang perlindungan glukosaminogen dan proteoglikan di tulang rawan, serta membantu penyerapan nutrisi pada lapisan sendi. Glukosamin tidak hanya bermanfaat bagi anjing, tetapi juga dapat digunakan untuk kuda dan bahkan kucing. Pada kucing, glukosamin biasanya digunakan untuk mengatasi gangguan FLUTD (feline lower urinary tract disease).

Bagaimana Glukosamin dan Chondroitin Bekerja?

Ketika digunakan dalam bentuk suplemen, keduanya berfungsi untuk memperbaiki tulang rawan yang rusak (tulang rawan artikular), mengurangi kekakuan antar sendi, menjaga kesehatan sendi dan jaringan di sekitarnya, serta menguatkan struktur sendi dan jaringan ikat.

Apakah Glukosamin Bermanfaat untuk Anjing?

Pemberian glukosamin pada anjing biasanya dianjurkan dalam kondisi-kondisi berikut:

  1. Meringankan gejala pada sendi akibat kerusakan ligamen, trauma patah tulang, radang sendi, kerusakan tulang rawan, hingga perkembangan abnormal.
  2. Sebagai bantuan dalam pemulihan cedera tulang belakang.
  3. Pemulihan setelah menjalani operasi pada sendi.
  4. Menjaga kesehatan anjing yang telah menua.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Memberikan Glukosamin pada Anjing?

Glukosamin dan chondroitin dapat diberikan secara oral dalam bentuk tablet, tablet kunyah, cairan, atau bubuk. Suplemen ini bisa diberikan bersamaan dengan makanan atau tanpa makanan, tergantung pada petunjuk yang tertera pada kemasan. Sebaiknya, berikan suplemen ini saat anjing Anda sudah makan agar tidak menyebabkan muntah. Pemberian glukosamin dapat dilakukan selama 2 hingga 6 minggu sambil memantau respons anjing Anda terhadap suplemen ini. Anda dapat memberikan suplemen ini selama beberapa minggu untuk melihat perkembangan dan respons yang diberikan oleh anjing kesayangan Anda.

Apakah Ada Efek Samping dari Glukosamin?

Glukosamin adalah suplemen alami, sehingga jarang terjadi efek samping. Namun, dalam beberapa kasus, beberapa anjing dapat mengalami alergi, diare, atau sakit perut setelah mengonsumsi glukosamin. Semua ini tergantung pada formulasi glukosamin yang digunakan.

Pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter hewan Anda untuk mendapatkan dosis yang tepat untuk anjing Anda dan pastikan Anda menggunakan glukosamin yang khusus untuk hewan peliharaan agar tidak terjadi overdosis.

Apakah Ada Interaksi Obat yang Harus Diwaspadai Saat Memberikan Glukosamin?

Sebelum memberikan glukosamin, pastikan anjing Anda tidak sedang menjalani pengobatan antidiabetes, doxorubicin, etoposide, heparin, atau warfarin. Selain itu, vitamin, obat herbal, dan suplemen lainnya juga berpotensi berinteraksi dengan glukosamin. Tetapi Anda tetap dapat memberikannya sesuai dengan rekomendasi dokter hewan Anda. Klinik Hewania menyediakan berbagai pilihan dokter hewan berkualitas yang siap memberikan perawatan terbaik untuk hewan peliharaan Anda. Klinik Hewania menawarkan berbagai jenis layanan, mulai dari pemeriksaan rutin hingga perawatan spesialis.

Dengan memberikan suplemen glukosamin yang tepat, Anda dapat membantu menjaga kesehatan sendi anjing kesayangan Anda dan memastikan mereka tetap aktif dan bahagia dalam setiap tahapan kehidupan mereka. Tetaplah memperhatikan kesehatan dan kenyamanan anjing Anda, dan konsultasikan dengan dokter hewan Anda jika Anda memiliki pertanyaan atau kekhawatiran tentang penggunaan glukosamin untuk anjing Anda.

Demikian artikel mengenai glukosamin untuk anjing. Semoga bermanfaat.

Back to top button